Bawaslu Provinsi Maluku menggandeng Uningrat Tual melakukan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bagi Pemilih Pemula

Foto : Dr. Hi. Baharudin Saleh Ingratubun, S.E., S.H., M.M., M.H selaku Rektor Uningrat Tual bersama Para Pimpinan Bawaslu Provinsi Maluku dan Pimpinan Bawaslu Kota Tual. Tual, 5 Desember 2023.
Foto : Dr. Hi. Baharudin Saleh Ingratubun, S.E., S.H., M.M., M.H selaku Rektor Uningrat Tual bersama Para Pimpinan Bawaslu Provinsi Maluku dan Pimpinan Bawaslu Kota Tual. Tual, 5 Desember 2023.
Spread the love

uningrattual.ac.id, Kampus Uningrat Tual – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tual, melakukan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bagi Pemilih Pemula. Oleh karena itu, sebagai generasi penerus bangsa Mahasiswa sebagai pemilih pemula seharusnya diberikan pendidikan politik yang cukup. Agar Mahasiswa mendapatkan informasi tentang apa dan bagaimana pemilihan umum (Pemilu).

Foto : Rektor Uningrat Tual saat menyampaikan materi. Tual, 5 Desember 2023.

Sosialisasi tersebut menjadi gerakan ataupun solusi agar tidak terjadinya pelanggaran Pemilu tahun 2024. Sehingga perlunya menggalakkan sosialisasi pengawasan partisipatif dengan mengajak pemilih pemula untuk terlibat langsung mengawasi dan memantau di setiap tahapan Pemilu serentak 2024. Kegiatan sosialisasi tersebut turut hadir Bpk. Abdullah Ely, S.H., M.H selaku Pimpinan Bawaslu Provinsi Maluku Periode 2017-2022, Bpk. Daim Baco Rahawarin, S.Sos Selaku Anggota Bawaslu Provinsi Maluku dan Sofyan Selamat Rahayaan, S.E., M.Si selaku Ketua Bawaslu Kota Tual.

Penyampaian materi oleh para narasumber lebih menekankan pada pemilih pemula merupakan salah satu pemilih potensial yang banyak dijadikan target bagi para kontestan pemilu. Karena sifatnya pemula maka banyak hal yang harus diberikan pemahaman terkait pemilu salah satunya bagaimana Mahasiswa harus memahami tentang proses pemilu, proses memilih, bentuk-bentuk pelanggaran dan hal lain yg perlu diawasi sehingga tidak terjadi dalam Pemilu seperti money politic, politik identitas, ujaran kebencian, penyebaran berita bohong dan lain sebagainya.

Foto : Rektor Uningrat Tual memberikan cendramata kepada Ketua Bawaslu Kota Tual. Tual, 5 Desember 2023.

Rektor Uningrat Tual berharap dengan adanya sosialisasi ini, maka minat Mahasiswa untuk hadir di TPS akan tinggi, dan mereka juga dapat menjadi agent bagi pengawas pemilu untuk melakukan pengawasan partisipatif minimal menjaga suara yang mereka miliki tidak disalah gunakan. Semoga Pemilu kedepan mampu meningkatkan daya tarik bagi kaum milenial khususnya yang baru pertama memilih pada Pemilu 2024 untuk berpartisipasi secara aktif nantinya.

Editor : Humas Uningrat Tual

 

Posted in
Kirim Pesan
Terima kasih, silahkan menghubungi kami melalui chat untuk info lebih lanjut.